BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Manajemen adalah suatu seni atau cara untuk menyelesaikan permasalahan dengan berkerja sama melalui orang lain atau sumberdaya lainnya. Sebagai suatu proses, manajemen memerlukan berbagai aspek pendukung untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan atau tujuan-tujuannya. Diantara bermacam cara melakukan manajerial, salah satu aspek penting yang menjadi cara untuk berlangsungnya sebuah proses manajemen yaitu melakukan komunikasi dan koordinasi.
Komunikasi dan Koordinasi sebagai aspek penting manajemen, memerlukan sebuah sumber daya manusia, yang didalamnya terdapat pola pikir untuk memecahkan suatu masalah. Oleh karena itu, diperlukannya hal-hal yang berkaitan dengan pembelajaran, guna untuk mengetahui lebih jelas dan lebih dalam apa yang dimaksud dengan komunikasi dan koordinasi sebagai suatu aspek penting dalam manajerial untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang ada. Dalam hal ini, kami mengaitkan permasalahan didalam rapat pelu adanya komunikasi dan koordinasi antara unsur pimpinan dengan bawahan dalam suatu organisasi.

Pada makalah ini, kami akan membahas secara spesifik tentang salah satu bagian dari manajemen yaitu komunikasi dan pengkoordinasian/koordinasi. Komunikasi dalam organisasi merupakan proses penyampaian informasi yang akurat dan pemahaman atas informasi dari suatu unit (pengirim) ke unit yang lain (penerima) tidak hanya vital dalam perumusan tujuan organisasi, tetapi juga merupakan peralatan dan sarana penting melalui kegiatan organisasi. Komunikasi adalah satu usaha praktek dalam mempersatukan pendapat-pendapat, ide-ide, persamaan pengertian dan persatuan kelompok.
Aktifitas komunikasi memiliki ruang lingkup yang sangat luas. Apabila kajian komunikasi dihubungkan dengan organisasi timbul suatu kajian tentang komunikasi organisasi. Organisasi merupakan salah konteks penting dalam komunikasiKoordinasi merupakan daya upaya untuk mensinkronkan dan menyatukan tindakan-tindakan kelompok tugas dalam suatu manajemen. Sedangkan koordinasi (coordination) mengandung makna menjaga agar tugas-tugas yang telah dibagi, tidak dikerjakan menurut kehendak yang mengerjakan saja, tetapi menurut aturan sehingga menyumbang penyampaian tujuan. Pengkoordinasian merupakan rangkaian aktivitas menghubungkan, menyatupadukan dan menyelaraskan orang-orang dan pekerjaannya sehingga semuanya berlangsung secara tertib dan seirama menuju kearah tercapainya tujuan tanpa terjadi kekacauan,percekcokan, kekembaran kerja atau kekosongan kerja.

Maka dari itu, sehubung dengan masalah diatas. Maka penulis tertarik untuk membahas aspek komunikasi dan koordinasi didalam sebuah organisasi yang merupakan titik pusat komunikasi dan wewenang-wewenang dari atasan kepada bawahan untuk melaksanakan tugasnya. Sehingga organisasi tersebut berjalan dengan baik.

B. Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian diatas maka dapat dirumuskan permasalahan yang akan dibahas dalam makalah ini sebagai berikut:
  1. Apakah yang dimaksud koordinasi? 
  2. Bagaimana syarat-Syarat Koordinasi?
  3. Bagaimana prinsip-prinsip dari koordinasi?
  4. Apa saja jenis-jenis koordinasi?
C. Tujuan


Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH EVALUASI PENDIDIKAN

KOMUNIKASI DAN KOORDINASI

MATERI PENDIDIKAN ISLAM